Suzuki Isyaratkan Akan Mempunyai Team Satelit Di 2019



Roadstreets - Dalam sebuah wawancara Davide Brivio Manager dari Team Suzuki Ecstar di MotoGP mengisyaratkan bahwa kemungkinan besar akan mewujudkan cita-cita pabrikan Hamamatsu itu di kelas utama pada tahun 2019, mempunyai team satelit. Siapa team tersebut? Setidaknya ada beberapa tim satelit sudah didekati oleh Suzuki tetunya team yang sudah ada karena Dorna tidak mengizinkan  adanya team satelit baru sebelum tahun 2021, Apakah Tech3 yg bulan kemarin sudah konfirmasi bahwa putus kontrak dengan Yamaha? apakah ada hubungannya?


Di awal bergabungnya kembali ke MotoGP Suzuki sebetulnya sudah cukup menjanjikan untuk bersaing dengan tim lain melihat gemilangnya Vinales di tahun pertama dengan suzuki ,entah kenapa tahun ini malah merosot jauh dari harapan, Davide Brivio selalu mengatakan bahwa andai kata Suzuki bisa menambah 2 motor lagi di kelas MotoGP akan banyal keuntungan yang nyata bagi sebuah tim pabrikan, yang didapat adalah data pengembangan untuk mesin, sasis, elektronik, dan masih banyak data yang dapat diperoleh untuk tim pabrikan.



Dengan total empat pembalap, sudah bisa dipastikan sebuah pabrikan bisa mengumpulkan data lebih banyak serta feedback kepada engineer akan lebih luas lagi dan motornya bisa dikembangkan ke beberapa arah yang berbeda. misalnya pembalap 1 diarahkan ke pengembangan mesin, kedua memecahkan masalah elektronik,ketiga pengembangan sasis, pembalap ke empat mengimplementasikan semua data yang ada, dari data yang ada nanti akan ada feedback untuk mendapatkan setting motor yang diinginkan. Sebenarnya  Davide Brivio menginginkan team satelit di 2018 tapi gagal karena motor 2017 GSX-RR mempunyai rapor buruk. Kemungkinan inilah penyebabnya karena Suzuki belum mempunyai tim satelit.


Dan kebetulan pula secara beiringan Tech3 mengakhiri kontaknya dengan Yamaha, ini kesempatan bagus untuk sesegera mungkin meminangnya, tetapi kabar santer bahwa Tech3 akan berlabuh ke KTM, dan jika memang akhirnya Tech3 meenima pinangan KTM lalu kemanakah Suzuki mengalihkan perhatiannya? masih ada 3 tim satelit tersisa yaitu Marc VDS, Avintia, dan Angel Nieto, kemudian disisi lain durasi kontrak Marc VDS dengan Honda akan berakhir di tahun ini, tentunya pihak Marc VDS harus segera mencari tim pabrikan untuk mensuplai motor.


Nah jika benar nantinya Tech3 untuk tahun depan jadi gabung sama Ktm, otomatis Yamaha tidak mempunyai Tim satellit, mau tak mau juga harus cepat cepat gandeng tim satelit, karena Dorna sudah menyatakan bahwa tidak akan ada penambahan tim baru sampai 2021 nanti, berarti diantara 3 tim Marc VDS, Avintia, dan Angel Nieto ini nanti gabung ke Yamaha, perhatian tertuju pada Marc VDS, Yamaha, dan Suzuki, Yamaha kehilangan tim satelit, Suzuki menginginkan tim satelit, Marc Vds habis kontak, eeeewwwhhhh kita tunggu saja nanti kelanjutanya gimana, bakalan seru poool,....


Sembahnuwun, Arrivederci,....

Share on Google Plus

About djohn kashafa

Macrofotography adalah hoby saya, tertarik di otomotif karena saya sangat awam di tentang motor dan mobil dan tentang mesin, tulisan di blog ini rata rata berawal dari kekepoan saya di dunia otomotif "keep in smile, and don't forget to happy "