Perjalanan Suzuki Smash,Mati Suri,Dan Kemudian Smash Reborn



Roadstreets - Menarik kembali waktu yang lampau, ketika itu saya ngebet banget pengen punya motor untuk berkegiatan sehari hari, mengingat waktu itu baru mulai kerja dan hasil yang didapatkan sangat minim, guna menopang kelangsungan hidup, daripada abis buat ongkos mending buat nyicil motor pikirku, yowis pengenku nyicil motor bebek yang sesuai dengan bajet donk,.. nah ono solusinya, Smash lah yg jadi pilihan,... ada tuh Smash R masih digunakan sampai saat ini,..

Suzuki Smash

Hayuuu mang mengenang perjalanan Smash, brojol di 2002 kalau ga salah ya, yang kala itu mocin dengan serbuan tanpa peringatannya menggempur pasar indonesia, kala itu vega sama supra yang merajai jalanan, nah ini solusi terbaik buat manghadang gempuran mocin dengan waktu itu di banderol hampir selisih setengahnya, dan kemudian kalau menurut saya desain Smash paling sporty di jaman itu, coba deh bandingin sama supra,..

Dengan keluarnya si gesit irit membuat pabrikan Suzuki nangring di 3 besar marketshare di negeri tercinta ini, dengan banderol yang selisihnya 3 jutaan lebih murah dari produk kompetitor. harga yang murah tentunya cost produksinya harus di tekan, inilah yang jadi kelemahan Smash pada saat itu bahan body tipis dan getarnya terasa banget pakdhe, tapi untuk urusan mesin memang handal banget irit dan bertenaga terlepas dari getar sana sini loh ya,....

Suzuki Smash R dan Smash SR

Nah kemudian selang beberapa tahun kemudian di medio 2004 Suzuki mengeluarkan versi Smash yang diberi embel embel R demi menanggapi keluhan para konsumen, ga begitu kentara antara Smash lawas dan yg R, hanya bagian body saya yang ada lekukan kesan sporty, kemudian tak ada perubahan yang yang signifikan di motor ini, ada dua varian tromol dan cakram

Kemudian menelurkan lagi dengan embel embel SR/Street Runner, nah untuk yang ini kentara banget dengan yang R, body sudah agak gede, trus desain makin sporty dengan velk CW, knalpot juga lebih sporty, pengereman make cakram, sesuatu banget tuh, behel belakang masih tetep common part dari versi sebelumnya. 

Yang saya bingung adalah itu si isan (Smash R saya) udah ada embel embelnya R tapi knalpot masih yang lawas loh, oke lah sudah jangan dibahas yes,...

Suzuki Smash Revo dan Smash NR

Tahun 2008 pabrikan Suzuki melahirkan Smash Revo, body berubah total, terlihat lancip dan futuristik dan tetep tidak mengesampingkan kesan sportynya, Revo kemugnkinan diambil dari kata revolusi yaitu perubahan habis habisan, karena memang smash R dan SR belum mengakomodir keluhan konsumen, yang kentara banget adalah behel belakan rata dengan jok menggati behel besi yang melengkung, desain lampu depan juga cuco' booo, karena lampu sein di pindahin ke body depan,..

Kemdian tak berapa lama menghadirkan versi minor facelift kali ya, dengan Smash NR dengan kepanjangan Night Rider dengan balutan  body hitam semua kelir putih dengan tulisan R nya warna merah, lebih mecing lagi dengan shock breaker belakang dicat merah juga

Suzuki Smash Titan

Basis diambil dari Smash Revo dengan perbaikan di sana sini membuat desainya sporty banget, kalo bisa dibilang kalau dari pendahulunya Smash biasa, Smash R agak sporty, Smash Revo Sporty, Smash Titan brojolan tahun 2011 ini yang paling sporty dan futuristik karena desain mendapatkan update secara total, mulai dari headlamp, stoplamp, desain body, knalpot, mesin, dan beberapa fitur lainya speedo wis 3d look, bisa dikatakan ini bukanm lagi facelift tapi major change, dengan harapan bisa menambah marketsharenya di kancah roda dua.

Tetapi ironisnya adalah titan ga sekuat dan se strong namanya, dibandingkan dengan kakaknya smash sudah kelihangan tajinya, mungkin karena mainset konsumen sudah tertanam bahwa smash produk yang rapuh dan getarnya ga ketulungan, di tambah lagi konsumen mulai melirik motor metik yang yang kala itu sedang rame ramenya,... ironis banget yo,.

Suzuki Smash FI

2017 ini Suzuki akan reborn smash dengan tajuk Smash Fi, dilahirkan kembali demi menjaga asa marketshare beranjak naik dari 0.8 menjadi 1.6 kalo ga salah ya pasca keluarnya Suzuki GSX-R150, menarik toh? dari segi desain ga begitu wow, datar datar aja mungkin karena untuk entry level kali ya, kelirnya cukup lumayan, trus apa sih yang bikin menarik dari Smash Fi ini? artikel selanjutnya akan bahas sedikit tentang New Smash FI ini motor,...


Sekian ya pakdhe Matursuwun,...Arrivederci,...

Share on Google Plus

About djohn kashafa

Macrofotography adalah hoby saya, tertarik di otomotif karena saya sangat awam di tentang motor dan mobil dan tentang mesin, tulisan di blog ini rata rata berawal dari kekepoan saya di dunia otomotif "keep in smile, and don't forget to happy "